Di balik larangan atau anjuran dari Nabi Muhammad SAW, pasti ada hikmah nya. Termasuk larangan makan atau minum sambil berdiri.  Tertera dalam hadis,

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Hadis lainnya menyebutkan yang artinya,


“Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim).

Secara ilmiah, ternyata minum sambil berdiri dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti yang dikatakan dalam hadis. Berikut alasan minum sambil berdiri buruk bagi kesehatan :

Sistem Pencernaan Terganggu

Air yang mengalir langsung ke dalam tubuh akan melewati usus dan menciprat dinding perut. Cipratan yang terjadi akan merusak system pencernaan dalam jangka panjang, karena cipratan yang terjadi secara terus menerus akan merusak dinding perut dan dan saluran pencernaan.

Mengakibatkan Sesak dan Pusing

Air yang mengalir melalui sistem pencernaan dengan cepat beresiko mengganggu fungsi paru – paru dan jantung. Kondisi tersebut secara tidak langsung akan mengganggu tingkat oksigen dalam darah. Akibatnya tubuh akan mengalami sesak dan pusing.

Gangguan Saluran Kemih

Minum air sambil berdiri ternyata dapat membuat proses penyaringan yang di lakukan ginjal menjadi tidak optimal. BAhkan, air yang mengalir langsung ke system pencernaan dapat menyebabkan kotoran menumpuk di ginjal dan kandung kemih. Akibatnya salurn kemih akan mengalami gangguan, dan dalam jangka panjang, ginjal akan mengalami kerusakan permanen.

Haus Susah Hilang

Nyatanya minum air sambil berdiri justru membuat rasa haus tidak akan hilang. Hal ini karena air yang mengalir langsung ke dalam tubuh tidak akan menyumbang nutrisi dan vitamin yang dapat memuaskan dahaga dalam tubuh.

Menyebabkan Ulser dan Beartburn

Air yang mengalir langsung ke dalam tubuh saat minum sambil berdiri nyatanya dapat menyiprat langsung ke dalam kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Akibatnya hal tersebut dapat mengganggu kumpulan serabut otot yang bekerja untuk menutup jalur pembukaan alamiah dalam tubuh. Selain itu dapat menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam pada perut naik ke atas.

Saraf Menegang

Minum sambil berdiri ternyata dapat mempengaruhi system parasimpatetik. Di mana system syaraf tersebut akan menegang akibat proses penyerapan air yang buruk. Sebaliknya jika minum sambil duduk dan perlahan maka proses penyerapan air akan berjalan dengan baik.

Resiko Terkena Artritis

Minum air sambil berdiri juga dapat menyebabkan keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya sendi – sendi dalam tubuh mengalami penumpukan cairan dan menyebabkan Artritis.

Air Tidak Tersaring dengan Baik

Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Nah, jika kita minum berdiri air yang kita minum tanpa disaring lagi, langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung  menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter.

Baca juga : Yang terjadi Pada Tubuh Saat Puasa

Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya. Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum.

Oleh karena itu marilah kita kembali hidup sehat dan sopan dengan kembali ke pada adab dan akhlak Islam, jauh dari sikap meniru-niru gaya orang-orang yang belum mengikuti teladan dari Nabi kita. Tapi ingat niatkanlah untuk mengikuti sunnah Nabi agar mendapat 2 kebaikan: pahala mengikuti sunnah dan kesehatan.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *