Smartphone Vivo V15

Berbagai inovasi teknologi, terutama di dunia smartphone terus berkembang. Tidak heran jika para produsen smartphone saling berlomba menelurkan produk – produk tercanggih mereka.  Karena jika tidak, pasti akan tertinggal dari para pesaingnya dan akan ditinggalkan oleh konsumen.

Salah satu produsen yang baru saja memperkenalkan inovasi terbaru nya adalah Vivo. Vendor asal Tiongkok itu resmi memperkenalkan inovasi di model terbarunya, yaitu Vivo V15. Vivo V15 menjadi smartphone pertama dengan kamera pop-up 32MP yang edar di Indonesia. Launching Vivo V15 disiarkan secara langsung di 5 stasiun TV Nasional dan 9 platform digital dari Taman Air Mancur Sri Baduga di Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat, dengan konsep berupa elevating stage atau panggung terapung. Harga Vivo V15 termasuk terjangkau untuk kelas menengah ke atas. Lalu apa saja fitur dan keunggulan Vivo V15 ini , dan apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo V15? Mari kita lihat sama – sama.

DESAIN

Vivo V15 di Indonesia,hadir dengan bentang layar 6.53 inci tanpa poni atau celah. Desain 2.5D rasio 19,5:9  teknologi Super AMOLED beresolusi Full HD+ (1080×2340) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass generasi kelima. Konsep kamera pop up membuat ponsel ini hadir tanpa notch. Hasilnya, layar terlihat lebih lega tanpa diganggu oleh notch. Sangat ideal untuk bermain game, menjelajah media social, Nonton video, dan lain sebagai nya. Namun, karena mengusung konsep pop up, Vivo V15 tidak hadir dengan face unlock. Sebagai pengganti, Vivo menawarkan sensor sidik jari yang diletakkan di bagian belakang.

 

Pada bagian belakangnya, Vivo V15 di kombinasi antara gradasi warna yang unik dan lengkungan 3D sehingga menghasilkan desain V15 yang futuristic dan menawan karena menggunakan warna gradasi. Lalu terdapat 3 kamera utama dan LED Flash yang tersusun vertical, juga sensor fingerprint yang letak nya tidak jauh dari kamera. Sangat mudah dijangkau dan sangat responsive. 5 sidik jari dapat dikenali oleh sensor fingerprint ini.

Untuk Sim Card, Vivo V15 menyediakan slot untuk menyematkan 2 kartu SIM dan 1 kartu microSD pada bagian kiri. Lalu di bagian bawah slot sim card terdapat sebuah tombol yang berfungsi sebagai pintasan untuk mengaktifkan Google Assistant apabila ditekan sekali atau asisten virtual Jovi jika ditekan dua kali. Beralih ke bagian bawah terdapat speaker untuk audio, port microUSB 2.0 untuk transfer data maupun pengisian daya baterai, dan port jack audio 3,5mm untuk menghubungkan V15 dengan headphone atau earphone.

KAMERA SELFIE

Vivo V15 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengusung selfie pop-up. Mekanisme pop-up kamera nya sudah otomatis loh. Ketika membuka menu selfie, kamera akan muncul di bagian atas layar. Ketika di-switch ke kamera belakang, maka kamera pop-up-nya akan turun, bersembunyi di belakang layar. Untuk meluncurkan kamera pop-up, Vivo V15 hanya butuh waktu 0,46 detik. Begitu juga saat turun.

Dengan resolusi yang tertinggi saat ini, yakni 32MP, kamera dapat menangkap detail wajah Anda dengan jernih dan sangat tajam. Apalagi dengan ada nya fitur AI Face Beauty yang mudah digunakan tentu nya akan membantu menyempurnakan kualitas selfie dan memberikan hasil yang memuaskan. Pada fitur AI Beauty kita bisa mengatur banyak aspek, mulai dari tonal kulit, tekstur wajah hingga bentuk mulut. Semuanya diberikan level 0-100.

Perlu di ketahui, masa pakai kamera pop-up V15 bisa digunakan sampai 5 tahun. Misalnya pengguna selfie sebanyak 30 kali dalam satu hari, maka kamera bisa gunakan sampai 50.000 kali. Untuk kekuatan, kamera pop-up V15 bisa tahan benturan sampai dengan 15 kg. Luar biasa bukan?

KAMERA BELAKANG

Pindah ke bagian belakang, Vivo V15 dibekali dengan konfigurasi tiga kamera belakang dengan sensor 12 MP (f/1.78), 8 MP (f/2.2) dan 5 MP (f/2.4). Adapun mode yang dimiliki AI Body Shaping, All Beauty, Live Foto, Panorama, Pro, AI Scene Recognition, hingga mode Bokeh. Nah pada mode Auto dan AI Beauty, bisa di atur menjadi mode bokeh atau super wide angle.

Performa kamera belakang Vivo V15 ketika mendapatkan asupan cahaya alami dari matahari cukup memuaskan. Detail gambar tampil dengan baik namun dengan catatan harus berada dalam kapasitas zoom tertentu. Untuk reproduksi warna, kamera mampu mereproduksi warna dengan sangat baik, tampil cerah namun tetap alami. Intinya, Mata kita dibuat nyaman dengan hasil foto Vivo V15 saat berada di luar ruangan dengan kondisi cahaya yang mencukupi.

Untuk memotret di dalam ruangan. Baik mode biasa atau blur, hasilnya tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan foto luar ruangan. Cukup memuaskan.  Kamera Vivo V15 ini juga dibekali dengan AI Scene Recognition. Berfungsi Ketika mengarahkan ke sebuah obyek, sistem kamera Vivo V15 dapat mendeteksi obyek tersebut dan memberikan pengaturan yang paling tepat. Karena itulah, hasil foto akan tampak tampil dengan performa terbaiknya.

PERFORMA

Sistem operasi Vivo V15 berjalan pada Android 9 Pie dengan antarmuka FunTouch OS 9, sehingga tampilan antarmuka lebih menarik dibandingkan sistem operasi Android murni. Untuk menu notifikasi dalam FunTouch OS 9 berada di bagian atas dan menu Quick Setting berada di bagian bawahnya.

Berbeda dengan Vivo V15 Pro yang telah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 675, Vivo V15 dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 Octa-core berkecepatan 2,1 GHz. Dengan RAM 6 GB, dan storage internal 64 GB, dapat ditambah menggunakan kartu memori hingga 256 GB. Cukup dapat menghasilkan performa bertenaga untuk menjalankan game atau aplikasi. Pada saat di uji dengan AnTuTu 7 perangkat Vivo V15 hanya bisa menembus angka 147.606 poin. Namun demikian, hasil benchmark ini terbilang cukup tinggi. Bahkan hasil tersebut lebih tinggi dari perangkat-perangkat dengan chipset Snapdragon 660, yang hanya berkisar antara 130 ribu hingga 143 ribuan.

Sedangkan sektor daya Vivo V15 dibekali baterai 4000 mAh, yang  bisa bertahan hingga seharian penuh saat digunakan secara normal, seperti untuk berkomunikasi, memutar musik dan video, mengedit dokumen, browsing, hingga bermain media sosial. Dan untuk mendukung kemampuan baterai tersebut, smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur Dual-Engine Fast Charging. Dengan fitur ini, Vivo V15 hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 45 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Vivo V15 mampu menjalankan beragam aplikasi secara multitasking dengan lancar. Saat menjalankan beberapa game populer seperti Mobile Legends, Garena Arena of Valor, PUBG Mobile, dan Garena Free Fire, sangat lancar menggunakan pengaturan High Frame Rate. Sementara pada Mobile Legends dan Garena of Valor, mampu dijalankan secara baik dengan pengaturan grafis tinggi.

KEKURANGAN VIVO V15

Harga Vivo V15 sekitar 4 jutaan, dengan kelebihan yang ada, tentu nya smartphone ini juga ada kekurangan nya. Lalu apa saja kekurangan Vivo V15 ?

Tidak Ada Face Unlock

Satu-satunya fitur keamanan biometrik yang bisa digunakan pada Vivo V15 adalah sensor fingerprint. Hal ini sangat di sayangkan, karena kebanyakan smartphone baru menambah keamanannya dengan fitur face unlock.

Tidak Ada NFC

Dengan harga kisaran di atas 4 jutaan, smartphone ini belum memiliki NFC. Sementara fitur yang satu ini mulai digunakan oleh sebagian orang untuk transfer data, pengisian e-money, mengecek e-money, dan beberapa transaksi lainnya di Indonesia.

Kamera di Malam Hari

Hasil kamera belakang dengan lensa super-wide masih terdapat banyak noise ketika mengambil foto pada malam hari. Dari segi ini Vivo perlu meningkatkan kemampuan kamera utamanya agar hasil nya lebih maksimal.

Debu dan Noda Sidik Jari Mudah Menempel

Vivo V15 ini memiliki bodi belakang dengan warna gradasi yang memanjakan mata, terbuat dari bahan polikarbonat. Namun sayang nya mudah tertempel debu maupun noda bekas sidik jari sehingga  baiknya pengguna langsung memasang casing tambahan, yang tentu nya telah tersedia pada paket pembelian.

Untuk spesifikasi lengkap dan harga Vivo V15 terbaru, silahkan klik gambar di bawah ini...

(Visited 59 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *