Category Archives: Catatan

Alhamdulillah lebih dari 95% PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang penulis tangani sampai saat ini dinyatakan sembuh dan berhasil pulang. Sebutlah Prof DR Dr Idrus Paturusi. Beliau Guru Besar UNHAS dan Mantan Rektor yang sembuh pada tanggal 3 April 2020.

Tokoh Sepakbola Nasional, Andi Darussalam Tabusala juga baru saja dinyatakan sembuh dari covid, setelah diisolasi selama 16 hari. Haru biru menghiasi kepulangan beliau, karena secara kondisi kesehatan, mantan manajer Timnas Indonesia ini, sangat rentan.

Read More

Buah kurma, buah yang berasal dari negeri Jazirah Arab ini, yang di sebut juga sebagai buah Nabi,  termasuk tanaman yang tumbuh sepanjang tahun, dipanen saat musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya, yaitu Arab. Dipanen saat awal musim dingin dikarenakan kondisi kurma akan lebih segar saat di musim tersebut. Kurma bukan hanya baik sebagai sumber energi, ternyata manfaat kurma untuk kesehatan tubuh ternyata sangat beragam.

Kurma memiliki berbagai jenis dengan kandungan nilai gizi serta nutrisi yang berbeda-beda. Buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan utama yang ada di buah kurma adalah karbohidrat sederhana, bahkan 70 persennya ialah terdiri dari karbohidrat. Terdapat pula sumber nutrisi lainnya, di antaranya serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B6. Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak di dalam kurma, menjadikan buah tersebut kaya akan manfaat.

Read More

Penyebaran virus corona  atau COVID-19 di dunia yang semakin hari meningkat membuat banyak orang mulai berpikir untuk kembali menjaga kesehatan tubuhnya. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar terhindari dari risiko terinfeksi COVID-19. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh harus cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Jika daya tahan tubuh kuat maka yang diharapkan adalah dapat melawan serangan penyakit, baik yang berasal dari bakteri atau virus. Sebaliknya, apabila daya tahan tubuh melemah, berbagai macam virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, termasuk virus corona COVID-19.

Read More

Apa itu virus Corona

Sekarang ini, dunia di hebohkan dan di landa kekhawatiran oleh virus bernama Corona. Bagaimana tidak?  sejak ditemukannya kasus wabah Corona di Tiongkok pada sekitar bulan Nopember - Desember 2019, Lembaga WHO (World Health Organization) sebagai Badan Kesehatan Dunia, menyatakan bahwa virus Corona atau COVID-19 (Coronavirus Desease 2019) merupakan pandemi yang telah merenggut nyawa ribuan orang di seluruh dunia yang terjangkit oleh nya.

Virus Corona adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Read More

Masyarakat sekarang ini sudah mulai banyak yang menggunakan uang digital untuk membayar berbagai kebutuhan, seperti beli pulsa, paket data, pesan makanan, hingga membayar berbagai tagihan bulanan.

Seiring perkembangan ekonomi digital dan ecommerce, transaksi non-tunai di Indonesia kini semakin berkembang dan mulai menemukan momentumnya. Apalagi dengan semakin mudah nya masyarakat untuk bertransaksi non-tunai dengan munculnya beberapa perusahaan financial technology (fintech) di Indonesia yang menyediakan sistem pembayaran digital, seperti  GoPay, OVO, Dana, dan LinkAja. Empat fintech tersebut kini menjadi pemain besar di ranah penyedia sistem pembayaran digital di Indonesia.

Read More

Menurut Direktur kеѕеhаtаn lingkungan Kementerian kеѕеhаtаn, Imran Agus Nurali, реnggunааn bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan rendah ѕереrtі Premium, Sangat berbahaya bаgі kеѕеhаtаn. BBM oktan rendah ѕесаrа langsung аkаn mencemari lingkungan, yang pada uјungnуа akan berdampak pula раdа kеѕеhаtаn manusia.

Dampak nya dараt mengganggu saluran pernafasan, apalagi di јаlаnаn yang padat kendaraan. Jika рunуа risiko аѕmа bisa lеbіh memicu аѕmа. Untuk  jangka раnјаng beresiko kanker paru-paru.

Read More