Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer

Di zaman yang teknologi informasinya terus mengalami perkembangan seperti saat ini, ada banyak sekali aplikasi chatting yang bisa anda gunakan. Salah satunya yaitu Whatasapp. WhatsApp merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi chatting yang paling populer di seluruh dunia. Dengan terus bertambah banyaknya pengguna WhatsApp, maka pihak WhatsApp terus menghadirkan fitur yang menarik. Salah satunya yaitu fitur untuk memperluas jangkaunnya pada berbagai platform. Ini semua ditandai dengan fitur WhatsApp yang bisa menjadikan para penggunanya untuk menghubungkan aplikasi WhatsApp dengan perangkat desktop. Yang mana dulunya hanya bisa digunakan di Smartphone saja. Upaya WhatsApp ini tak lain untuk merambah perangkat berbeda dari operating sistem.

Dengan semikian Anda semua bisa lebih mudah menggunakan WhatsApp. Sebab, sekarang ini anda dapat membuka WA di Laptop atau dengan komputer. Sebenarnya fitur ini sejak tahun 2015 yang lalu sudah ada. Yaitu dengan bantuan add-ons browser atau emulator android. Namun, untuk sekarang ini kita bisa lebih mudah dalam menjalankannya tanpa harus menggunakan emulator android atau dengan menginstall add-ons pada browser kita. Akan tetapi, untuk membula WhatsApp di laptop ini masih tergantung pada WhatsApp yangada pada smartphone anda. Maka dari itu, anda harus terlebih dulu mempunyai akun yang telah terinstall pada handphone yang sudah aktif.

Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer Paling Mudah

Untuk cara membuka WhatsApp di  komputer atau di laptop ada 2 cara yang dapat Anda pilih. Bagi yang memliki versi aplikasi di windows atau MacOS sebaiknya mendownload aplikasi WhatsApp yang memiliki ukuran sekitar 70MB saja. Dan bagi yang tidak ingin download dapat memakai versi web saja.

  1. Cara Membuka WhatsApp di Komputer Lewat Aplikasi Browser
  • Untuk cara yang pertama anda dapat membuka Aplikasi browser dapat dengan memakai Google Chrome maupun browser lain. Setelah itu, anda bisa melanjutkan ke alamat https://web.whatsapp.com
  • Selanjutnya akan tampil barcode, yang nantinya ini dijadikan sebagai identitas supaya smartphone anda dapat terhubung dengan WhatsApp di browser laptop maupun komputer.
  • Jika telah berhasil, silahkan menuju ke handphone serta melakukan pengaturan pada aplikasi WhatsApp yang ada pada smartphone untuk melakukan scan barcode yang ada di aplikasi browser laptop atau komputer anda.
  • Langkahnya juga sangat mudah, bukalah aplikasi WhatsApp > Klik tab Chat > tekan tombol menu titik tiga > pilih WhatsApp Web. Dan setelah itu, kamera akan membuka serta meminta untuk menscan barcode yang terdapat pada browser di laptop.
  • Apabila Anda telah melakukan scan barcode yang terdapat pada aplikasi browser laptop, maka otomatis akan terhubung. Untuk saat ini Anda dapat melakukan aktifitas chatting dengan memakai WhatsApp yang ada di laptop maupun komputer.

  1. Cara Lain Menggunakan Aplikasi WhatsApp di Kompter

WhatsApp juga sudah menghadirkan aplikasi yang dapat di install pada Windows ataupun MacOS. Untuk hal ini juga bmemungkinkan anda untuk menginstall aplikasi permanen yang ada di laptop maupun komputer.

Untuk bisa install WhatsApp di PC atau laptop lakukan dengan cara seperti berikut ini;

  • Pertama buka alamat https://www.whatsapp.com/download
  • Kemudian anda semua bisa mencoba download sesuai dengan windows atau MacOS yang anda gunakan
  • Apabila telah berhasil di download, anda semua bisa coba install seperti halnya aplikasi yang lainnya
  • Dan apabila sudah berhasil di install, maka anda bisa buka dan cara menghubungkan smartphone anda dengan pc atau laptop anda.

Tips Bermanfaat Menggunakan Whatsapp Di Komputer

Untuk tips yang selanjutnya ini memang bisa dikatakan cukup bermanfaat,  tujuannya tak lain supaya penggunaan WhatsApp di desktop Anda bisa menjadi semakin mudah dan juga bisa terasa semakin menyenangkan.

  1. Notifikasi

Jika Anda semua ingin masuk dalam grup WhatsApp sangat aktif, maka ratusan notifikasi pesan bisa masuk akan tampil pada layar komputer anda. Dan jika Anda semua tidak ingin merasa terganggu,  maka Anda dapat menonaktifkannya. Untuk cara yang bisa Anda lakukan ini juga cukup mudah. Yaitu Anda bisa tekan ikon tiga titik pada aplikasi WhatsApp untuk Desktop, selanjutnya Anda bisa pilih Pengaturan. Setelah itu tekan opsi Pemberitahuan, diikuti dengan cara menghilangkan centang pada Suara serta Desktop Alerts.

  1. Emoji

Jika Anda termasuk orangnyang kerap memakai emoji, namun jika Anda semua merasa malas jika harus mengklik mouse. Ada juga cara mudah dengan menggunakan emoji langsung dari keyboard.  Cukup ketikan awalan titik dua setelah itu kata yang akan menggambarkan emoji. Contoh :senyum, :marah, dan lain sebagainya. Jika terdapat beberapa emoji yang tampil, maka Anda dapat memilih menggunakan tombol panah arah, setelah itu tekan Enter untuk memilihnya. Bisa juga anda menggunakan emoji seperti yang ada di sms.

  1. Tab

WhatsApp pada desktop dapat dipakai tanpa memakai mouse. Seluruh navigasi dapat dilakukan dengan mudah melakui keyboard. Untuk tombol yang bermanfaat sekali yaitu tombol Tab. Tekan pertama anda akan dibawa ke bagian pencarian. Selanjutnya untuk tekan kedua akan menuju daftar obrolan, ketiga ke ikon emoji, lalu untuk yang keempat akan dibawa pada layar pengetikan pesan.

  1. Shortcut

Anda semua juga bisa memanfaatkan shortcut keyboard guna melakukan sejumlah fungsi supaya anda tidak memakai mouse. Untuk shortcut untuk aplikasi WhatsApp pada desktop diantaranya sebagai berikut;

  • Ctrl dan N untuk membuat chat baru
  • Ctrl, Shift dan N membuat grup baru
  • Ctrl, Shift, / berpindah antar chat
  • Ctrl dan E untuk menyimpan chat
  • Ctrl, Shift dan M untuk me-mute chat
  • Ctrl, Shift dan U mengubah status
  • Ctrl dan Backspace/Del untuk menghapus pesan
  • Ctrl dan P untuk membuka profil
(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *