Mengetahui Jenis Bisnis Syariah Yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Islam memang mengatur berbagai macam hal untuk diarahkan menuju syariat yang sesuai dengan ajaran islam, termasuk juga tata aturan menjalankan bisnis. Meskipun begitu, seorang muslim tetap dapat memiliki bisnis sendiri asalkan bisa sesuai dengan tata aturan Islam. Dalam bisnis syariah, para pelaku bisnis pastinya akan selalu mengedepankan ketaatan pada Allah SWT pada saat menjalankan kegiatan bisnis yang dilakukannya. Untuk dapat menjalankan bisnis yang sesuai syariah, sebaiknya Anda semua memahami apa saja yang mengakibatkan suatu bisnis itu akhirnya menjadi halal atau haram. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari bisnis yang haram serta tidak sesuai syariat.

Jenis Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

Bisnis syariah saat ini sudah banyak yang berkembang di indonesia, untuk bisnis syariah ini sama saja operasionalnya dengan bisnis konvesional yang biasa dijalankan. Akan tetapi untuk bisnis syariah ini pastinya semua disesuaikan dengan syariat-syariat hukum serta akidah Islam. Sebagai seorang umat muslim, apapun yang kita lakukan sebaiknya harus berlandaskan hukum dan ketentuan dari Allah SWT.

  1. Bisnis Online Halal

Saat ini bisnis online termasuk jenis bisnis yang banyak dijalankan. Selain lebih mudah, bisnis online ini juga bisa dinilai lebih murah dari pada dengan bisnis konvensional. Bisnis online syariah bisa dilakukan dengan menjadi blogger dan publisher, jual busana muslim, membuat toko online, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai macam pilihan dalam bisnis online menjadikan kita semakin mudah memilih bisnis mana yang cocok untuk dijalankan. Sebagian orang saat ini banyak yang menjalankan bisnis dropshipping. Yang pastinya akan disesuaikan dengan minat serta kemampuan masing-masing orang.

  1. Bisnis Properti Syariah

Saat ini juga sudah banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjalankan bisnis properti. Dan untuk memulai menjalankannya banyak pihak yang mengajukan pinjaman kepada bank. Pastinya untuk pinjaman ini juga akan disertai dengan bunga. Tak hanya itu saja, pada umumnya bisnis properti ini juga menggunakan dua akad, yaitu akad sewa serta akad jual beli. Resikonya yaitu berupa denda atau disita. Akan tetapi, untuk menjalankan bisnis properti syariah, keterlibatan bank ini begitu diminimalisasi, bahkan sebisa mungkin untuk dihindari. Dengan demikian tidak ada bunga bank dalam hal pembayarannya.

Dalam bisnis properti syariah ini hanya menggunakan satu akad, yakni berupa akad jual beli. Sehingga, kalai konsumen cicilannya telat pembayarannya, maka tidak akan terbebani dengan denda dan properti tersebut juga tidak akan disita. Pada umumnya, dalam bisnis properti syariah, jika pembeli tidak bisa meneruskan pembayaran, developer atau konsumen berusaha mencari solusi terbaik. Salah satunya adalah dengan cara menjual dan melimpahkan cicilan tersebut kepada orang lain.

  1. Pegadaian Syariah Tanpa Bunga

Pegadaian sebenarnya tidak termasuk larangan dalam agama Islam. Akan tetapi ada syarat di dalam penggadaian tersebut, yaitu bisa dilakkan dengan tanpa bunga. Akan tetapi, sebagian besar pegadaian syariah  masih banyak yang tidak menghilankan bunga. Bunga itu juga diganti dengan biaya simpan. Sehingga, sistem pegadaian syariah yang ada di Indonesia pada umumnya memakai dua akad. Diantaranya yaitu akad gadai serta akad ijarah.

  1. Bisnis Pakaian Muslim

Pakaian atau busana muslim saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Salah satunya yaitu banyak orang yang beralih menggunakan hijab dalam fashionnya. Dengan demikian, banyak sekali orang yang menjual bernagai macam model hijab dan busana muslim yang lainnya. Namun, untuk pakaian muslim dan hijab yang dijual masih banyak yang belum syar’i. Maka dari itu, banyak sekali peluang bisnis busana syar’i yang bisa Anda coba jalankan. Bisnis ini juga sangat menguntungkan.

  1. Bisnis Pulsa

Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Nah, untuk memanfaatkan situasi yang seperti ini Anda bisa mencoba membuka bisnis syariah seperti halnya jualan pulsa. Sebab, para pengguna smartphone pastinya membutuhkan pulsa supaya bisa menggunakan handphone nya untuk komunikasi maupun untuk menjalankan internet. Jadi, manfaatkan peluang bisnis ini sebaik-baiknya, sebab potensi keuntungan yang dimiliki lumayan besar. Untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik,  modalnya juga tidak begitu besar dan hanya butuh ponsel saja. Namun, jika anda ingin membuka usaha yang lebih besar, anda perlu membuka konter dengan perlengkapannya yang lengkap.

  1. Bisnis Kosmetik Halal

Gaya hidup seseorang muslim di dalam keseharian pastinya tidak bisa terlepas dari kewajiban untuk mengikuti standart Halal dan menjalankan berbagai macam hal seperti ajaran yang telah ditetapkan dalam agama islam. Baik itu untuk masalah kehalalan makanan -minuman, pakaian dan lain sebagainyaya. Bahkan untuk product sampai jasa seperti perbankan juga harus sesuai dengan peraturan yang ada dalam agama islam. Bahkan dalam hal kosmetik pun saat ini harus bisa menjamin kehalalannya. Para umat muslim yang ingin menggunakan kosmetik dalam kesehariannya pastinya akan mencari jenis kosmetik yang halal. Dengan banyaknya umat muslim saat ini, maka kesadaran para muslimah untuk menggunakan product yang halal di dalam kesehariannya pastinya juga semakin meningkat.

Dalam kondisi seperti ini, potensi dari pasar kosmetik halal ini pun juga semakin meningkat. Misalnya saja seperti produk perawatan kulit, perawatan rambut, makeup dan masih banyak lagi yang lainnya.  Sekarang ini juga sudah banyak dihadirkan produk- produk dari brand populer di dunia yang juga sudah memiliki label halal. Bahkan produk lokal pun saat ini jga harus disertai dengan label halal ini. Dengan kesadaran muslimah dalam menggunakan produk halal yang semakin meningat, maka semakin besar juga kesempatan bisnis di bidang ini.  Jadi, untuk anda yang ingin membuka usaha jual kosmetik halal, peluangnya cukup besar dan keuntungannya juga banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *