Pertama kenal Eco Racing, ada beberapa teman kantor yang menawarkan. Awal nya saya enggan, karena ragu. Takut oleh efek samping dari pemakaian Eco Racing tersebut. Namun ada teman yang memberi saya beberapa pil secara gratis. Setelah di yakinkan oleh beliau, saya pun coba memakainya.

Penggunaan nya cukup masukkan pil tersebut ke dalam tangki bensin setelah isi tangki full BBM. Hasil nya?? Jujur belum terasa apa-apa. Di hari ke dua, baru terasa tarikan agak enteng. Menurut teman - teman yang sudah rutin pakai Eco Racing, hasil nya terkadang beda antara kendaraan satu dengan lainnya, tergantung dari cara mengemudi dan kondisi jalan. Di hari ke tiga tarikan enteng dan suara mesin semakin halus. 

Singkat waktu saya isi bensin kembali setelah 8 hari isi full. Ternyata hanya beda satu hari dari sebelum saya pakai Eco Racing. Karena biasanya saya isi bensin setiap 7 hari sekali. Saya masukkan kembali 2 pil ke dalam tangki ( isi bensin saya 7 liter ). Dan ternyata, tangki saya kali ini mampu bertahan 11 hari dari full sampai waktu isi kembali. Dan pengisian selanjutnya pun tangki saya kadang bertahan sampai 13 hari!!

Lalu sebenarnya bagaimana Eco Racing bekerja??

Ternyata, penghematan BBM dengan Eco Racing pada dasarnya hanyalah efek dari pembakaran yg sempurna. Pembakaran yang sempurna terjadi jika BBM memiliki RON (Research Octane Number) yg sesuai dengan Compression Ratio dari kendaraan kita. Semakin tinggi KOMPRESI MESIN semakin tinggi pula kebutuhan RON.

Kendaraan dari tahun 2009 rata-rata sudah memiliki Kompresi mesin yang tinggi minimal 9,1:1 bahkan 11,1:1. Jadi butuh BBM dengan RON tinggi. Nah kebanyakan kita kurang memahami hal ini sehingga masih saja menggunakan BBM oktan rendah bahkan BBM subsidi.

Contoh Mobil Avanza Rasio Kompresinya mesin 11,0:1 maka idealnya membutuh RON minimal 96-98 . Jika dipaksa menggunakan BBM RON lebih rendah maka akibatnya akan terjadi "Knocking"

Knocking adalah terbakarnya campuran bensin dan udara di ruang bakar karena tekanan piston sebelum mendapat percikan api dari busi. (Terbakar terlalu cepat sebelum waktunya). Istilah lain Knocking itu MBREBET...

Efek dari Knocking :

  • Boros BBM
  • Tenaga Loyo
  • Mesin berkerak
  • Oli cepat kotor
  • Polusi
  • Piston jebol
  • Turun mesin

Jadi Eco Racing memberikan solusi "Jalan Tengah". meski kebanyakan masyarakat masih memilih BBM Murah dengan RON rendah atau subsidi, seperti bensin RON 88 jika dicampurkan Eco Racing RON akan meningkat menjadi 93. Begitupun jika Eco Racing dicampur BBM RON 90 maka hasilnya RON 95.

Eco Racing bekerja membersihkan kerak dan kotoran lainnya yang menempel pada tangki bensin dan mesin yang diakibatkan oleh penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan kompresi mesinnya. Dan jika pemakaian Eco Racing di lakukan secara rutin membuat mesin kendaraan akan menjadi bersih kembali seperti mesin baru, setelah mesin bersih maka pembakaran akan menjadi lebih sempurna

Dengan pembakaran yang sempurna maka otomatis akan membuat konsumsi BBM pun menjadi irit, tenaga dan akselerasi kendaraan menjadi lebih prima. Dan sampai hari ini dan seterusnya saya akan terus menggunakan Eco Racing, karena hasil nya benar - benar irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *