Jaman sekarang, media komunikasi makin beragam. Banyak aplikasi - aplikasi dengan berbagai fitur yang memudah kan kita untuk berkomunikasi. Baik langsung atau pun melalui chatting. Salah satu nya adalah aplikasi WhatsApp. Jutaan orang sudah menggunakan WhatsApp sebagai media chatting di smartphone mereka. Namun ternyata, whatsApp  tidak hanya dijadikan sebagai aplikasi perpesanan dan alat komunikasi saja. Sebagian dari kita khusus nya pebisnis online mulai menggunakan WhatsApp sebagai media promosi dan juga marketing. Namun hal tersebut tentunya harus didukung dengan memiliki kontak teman yang cukup banyak. Bayangkan  jika kita mempunyai 10,000 kontak list di Whatsapp. Apa jadinya jika di HP kita ada ribuan calon pembeli. Bayangkan serunya bisa tembus closing setiap hari.

Tapi, kenapa harus 10.000? Karena yang pasti ketika tembus 10,000 kontak list, ini dampaknya:

  • Closing jadi lebih mudah
  • Rekrut reseller jadi lebih cepat
  • Orderan terus-menerus datang

Nah pertanyaan berikutnya, bagaimana caranya bisa tembus 10.000 kontak list Whatsapp?

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan :

1. PERSIAPKAN LEAD MAGNET

Ada banyak macam-macam lead magnet yang bisa Anda gunakan. Bisa tebar Ebook, bisa buat kelas sharing (kuliah whatsapp), bisa berikan video mentoring gratis, atau bisa berikan tips rutin via Whatsapp.

Intinya adalah persiapkan lead magnet yang akan digunakan untuk menggaet calon prospek Anda untuk menjadi database list Whatsapp.

2. PERSIAPKAN AMUNISI

Langkah berikutnya adalah persiapkan amunisi wajib. Amunisi itu seperti berikut:

Poster iklan, buat yang menarik agar makin banyak yang ikutan.  Buat kata-kata iklan yang menjual supaya banyak yang join. Persiapkan gadget setidaknya yang memiliki RAM 3Gb. Karena kalau pakai dibawah itu cenderung lemot (lambat) terutama kalau sudah ada list kontak diatas 4000. Itu pengalaman yang kami alami.

3. MULAI SEBAR DI KOLAM PROSPEK

Jika amunisi sudah siap, mulai sebar info iklannya ke kolam prospek yang Anda punya. Dan ingat, kesuksesan tahap ini tergantung dari seberapa besar kolam prospek yang Anda punya, dalam hal ini seberapa banyak friend atau follower Anda.

Jika mau grab lebih banyak, Anda bisa mulai menerapkan FB Ads.

4. SAVE SETIAP NO YANG MASUK

Ada satu prinsip penting kalau mau berhasil kirim broadcast Whatsapp.
Prinsip itu adalah, kedua nomor (pemberi dan penerima) harus saling save no kontak masing-masing. Tanpa ini, broadcast tidak akan berhasil.

Terus jika ada yang baru bergabung, langsung save no kontaknya. Gunakan kode jika perlu. Kode ini untuk membedakan grup list broadcastnya.

5. MULAI EDUKASI RUTIN

Langkah berikutnya adalah edukasi. Berbagi adalah kunci, Sharing is the key of closing. Dalam list building dimanapun, yang rutin berbagilah yang paling kencang dapat closingan.

Bagaimana caranya? Anda bisa membuat materi sharing dan rutin dibagikan. Kenapa ini penting? Dengan cara inilah cold market (tidak kenal) bisa berubah menjadi warm market (kenal dan dekat)

Ingat, jualan yang bagus adalah jualan ke warm market (sudah mulai percaya)
Bukan ke cold market (belum percaya)

6. MONITOR

Semua langkah diatas perlu Anda monitor, agar tahu berapa penambahan jumlah kontak list Anda. Ingat semakin banyak kontak list yang masuk, maka semakin besar potensi penjualan Anda.

Tips dari saya untuk langkah ini adalah buat papan monitor, bisa dengan whiteboard. Monitor setiap hari, per minggu dan per bulannya.

Dengan monitoring, Anda jadi tahu seberapa efektif lead magnet dan kolam prospek yang Anda buat.

7. LAKUKAN SECARA KONSISTEN

Kejar, lakukan terus-menerus, berbagi lead magnet terus. Lakukan dengan KONSISTEN. Kejar sampai 10.000 kontak list pertama Anda tercapai. 

Bayangkan kalau Anda sudah punya banyak kontak list. Tembus orderan bukan hal yang sulit lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *